114 lebih siswa BKB NF Jogja tembus SBMPTN 2017

Eko Suyanto, S.Si., M.Sc. Rabu, 2017-07-12 555 View

NFNews, Jogjakarta. Rabu, 14 Juni 2017. Panitia ujian SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2017 telah mengumumkan hasil SBMPTN 2017 pada tanggal 13 Juni 2017 melalui laman website resminya disertai dengan link mirror lain guna memudahkan proses pencarian nama peserta yang lulus. Pengumuman hasil SBMPTN 2017 pun juga bisa diakses melalui berbagai media cetak maupun online.

“Alhamdulillah. Akhirnya SBMPTN 2017 bisa terlaksana dengan baik dan sukses. Pengumuman hasil tes SBMPTN pun sesuai dengan jadwal. Saya mewakili NF Jogjakarta mengucapkan selamat bagi siswa yang dinyatakan diterima di PTN melalui jalur SBMPTN. Tak lupa saya juga mengucapkan selamat dan apresiasi yang tinggi bagi ratusan siswa NF Jogjakarta yang juga diterima di PTN. Hal ini semakin menguatkan tren siswa NF Jogja diterima di PTN yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Selamat berkembang dan berkarya di PTN” kata Koordinator Lokasi BKB Nurul Fikri (NF) Jogja, Indra Juniarma S, Rabu (14/6/17).

Menurut data yang didapat dari panitia SBMPTN, sebanyak 148.066 (14,36%) dari 797.739 peserta SBMPTN 2017 dinyatakan lulus dan diterima di 85 PTN (Perguruan Tinggi Negeri). Dari data itu, sebanyak 61.015 dari kelompok ujian SAINTEK, 59.714 dari kelompok ujian SOSHUM dan 27.337 dari kelompok ujian campuran (IPC). Dari sekian ratus ribu peserta yang lulus tersebut terdapat 114 siswa/i NF Jogja yang diterima diberbagai PTN. Sebanyak 24% diterima di UGM, 7% diterima di UNDIP dan UNS, 6% diterima di UNNES, UNSOED dan UPNYK sedangkan 4% diterima di UI, UNIBRAW, dan UNY selebihnya dalam jumlah kurang dari sama dengan 3% tersebar ke berbagai PTN antara lain UIN Malang, UINSUKA, UNAIR, UNAND, UNEJ, UNESA, UNHAS, UNIB, UNIMAL, UNMUL, UNPAD, UNSRI, UNSYIAH, UNTAD, IPB, ISI, ITB, ITERA, ITS dan UB. Banyak pula yang diterima di program studi favorit di PTN favorit seperti kedokteran umum, farmasi, teknik, hukum, akuntasi, psikologi, managemen, ekonomi dan lainnya.

“Data sebaran siswa NF Jogja yang diterima di PTN melalui jalur SBMPTN menunjukkan bahwa siswa NF yang ingin kuliah di UGM sangat besar. Hal ini wajar mengingat UGM adalah kampus favorit dan menduduki peringkat 1 di Indonesia berdasarkan data di webometric per Januari 2017. Alhamdulillah NF Jogja dapat memfasilitasi dan membantu mereka agar diterima di UGM (24%). Data itu juga menunjukkan bahwa NF bukanlah bimbel spesialis masuk PTN tertentu namun NF juga membantu siswa mengantarkan masuk ke berbagai PTN. Hal ini terlihat dari sebaran siswa NF yang diterima di PTN mulai dari wilayah 1 (wilayah barat Indonesia) hingga wilayah 4 (wilayah timur Indonesia)” ujar Eko Suyanto, tentor dan bagian marketing NF Jogja, rabu (14/6/17).

Tahun ini, tingkat persaingan pada SBMPTN sangat tinggi mengingat jumlah peserta SBMPTN naik sebanyak 76.412 peserta dibanding tahun lalu dengan jumlah daya tampung PTN yang terbatas apalagi pada program studi tertentu, jumlah peminat nya sangat besar dengan rasio yang besar. Adanya kenaikan jumlah peserta SBMPTN disebabkan karena prosentase penerimaan jalur SNMPTN 2017 diturunkan 10% dari tahun lalu yakni dari 40% menjadi 30%. Apalagi banyak siswa alumni SMA yang juga mencoba peruntungan lagi ikut SBMPTN 2017 dengan harapan bisa diterima di PTN favorit. Kalau prosentase SNMPTN tahun 2018 diturunkan lagi maka diduga jumlah peserta SBMPTN 2018 akan semakin meningkat dan secara otomatis akan meningkatkan tingkat persaingan. Persiapan siswa menghadapi SBMPTN pun perlu disiapkan dengan matang.

 "Tahun ini terjadi peningkatan jumlah peserta SBMPTN. Total pendaftar SBMPTN 2017 adalah 797.738, lebih tinggi dari tahun 2016 sebanyak 721.326 pendaftar," kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir lewat keterangannya, Senin (12/6/2017).

Tingkat persaingan yang tinggi apalagi di prodi tertentu sudah lumrah dipahami sebagai bagian seleksi untuk memilih calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik terbaik. Kemampuan akademik yang diperoleh siswa selama di bangku sekolah terkadang masih kurang apalagi level soal SBMPTN lebih tinggi. Oleh karenanya banyak siswa sekolah yang menambah jam belajar nya di bimbingan belajar guna meningkatkan kemampuan akademik. BKB NF Jogja adalah salah satu lembaga bimbingan belajar yang menguatkan konsep dasar materi kepada siswa dan berusaha meningkatkan moral siswa serta memakai konsep Nilai Nasional bukan passing grade. BKB NF Jogja selama ini sudah membantu mengantarkan ribuan siswanya masuk ke PTN favorit. Adapula banyak siswa NF yang pertama kali datang ke NF dengan kemampuan akademik terbatas namun setelah belajar di NF kemampuan akademik dan moral nya semakin meningkat hingga diterima di PTN favorit.

“NF menyediakan dan memberikan apa yang dibutuhkan bagi para siswanya. Suasana dan lingkungan belajarnya dapat menambah semangat belajar untuk menuntut ilmu. Tentor dan juga teman-teman yang bersahabat serta saling mendukung. Materi yang diberikan juga lengkap dan up to date. Ngga hanya pemahaman soal akademik, pemahaman gimana mengelola emosi dan spiritual juga didapatkan di NF. Pas banget deh buat para pelajar apalagi pejuang SBMPTN” kata Hafaza Ihsanovsi, MA AR Risalah Padang, siswa RONIN NF 2017 diterima di Ilmu Hukum UGM.


Banyak pula siswa NF yang tahun sebelumnya gagal masuk PTN namun masih ingin mencoba lagi ikut SBMPTN sehingga mereka mengikuti program belajar ALUMNI (RONIN) di NF selama 2 semester plus program Superintensif 2017. Adapula yang baru menjadi siswa NF saat program Superintensif yang belajarnya dimulai setelah ujian Nasional hingga beberapa hari sebelum ujian SBMPTN. Begitu pula banyak siswa SMK yang belajar di NF dan Alhamdulillah bisa diterima di PTN favorit. Ia memberikan testimoninya kepada kami, ”Belajar di NF itu menyenangkan. Materi yg disampaikan mudah dipahami dan suasana belajar di kelas juga menyenangkan. Selain itu banyak latihan soal yg sangat membantu dalam proses belajar. Setelah belajar di NF alhamdulillah saya berhasil diterima di PTN yang saya inginkan” kata Fairuz Farah R, siswa NF dari SMKN 2 Depok, diterima di prodi Kehutanan UGM 2017.

Sekali lagi selamat berkarya bagi siswa/I NF Jogja yang berhasil masuk di Prodi PTN pilihan masing-masing. Kami bahagia bisa membantu dan memfasilitasi kalian dalam mencetak generasi penerus bangsa yang unggul dan bermoral. Jangan lupa untuk segera daftar ulang sesuai jadwal masing-masing "Peserta SBMPTN 2017 yang dinyatakan lulus seleksi dalam pengumuman ini harap segera melihat syarat penerimaan, ketentuan dan jadwal registrasi (daftar ulang) di laman resmi PTN penerima masing-masing," demikian pernyataan dari panitia seleksi, Selasa (13/6/2017). (esaf)

Related Post